Gelar Panen Raya dan Bakti Sosial, Pangdam : Wujud Implementasi Ketahanan Pangan Wilayah

JEJAKHITAM.COM (MAROS) – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M. Tr (Han) beserta Forkopimda Pemprov Sulsel, para Walikota dan Bupati se-Sulsel, jajaran Perbankan, Tokoh Masyarakat, Bulog, Gapoktan, para Pimpinan Redaksi Media, Serta Persit, menggelar kegiatan Panen raya sekaligus Bakti Sosial yang bertempat di Desa Je’ne Taesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Selasa (15/11/2022).

Dalam sambutannya, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M. Tr (Han), mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada para tamu undangan, Forkopimda Sulsel dan para Walikota/Bupati yang telah hadir untuk melaksanakan panen raya sebagai langkah cepat dan nyata dari perintah Presiden Republik Indonesia dan juga Kasad untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, pengurangan inflasi serta penurunan stunting.

“Bahwa permasalahan ketahanan pangan, inflasi dan stunting ini bukan menjadi masalah pribadi tetapi sudah menjadi masalah Nasional bahkan Global, artinya dalam penanganannya mari kita bersama-sama,” ucapnya.

Lanjut Pangdam Hasanuddin mengatakan  bahwa seluruh stakeholder di daerah harus bisa bertanggung jawab dan bersama-sama untuk melaksanakan ketahanan pangan yang saat ini mengancam secara global.

“Ini terkait masalah stunting walaupun di daerah Makasar sudah bagus namun di daerah lain masih perlu diperhatikan dan ini menjadi tugas kita bersama untuk mengantisipasi dan menurunkan stunting ini,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Kodam Hasanuddin itu menyampaikan, bahwa panen raya kali ini dilaksanakan di areal seluas 4320 Ha, bakti sosial yang diberikan kepada 700 masyarakat kurang mampu, pemberian bantuan stunting untuk 300 orang anak, bantuan alsintan (hand tractor dan combine), mesin panen padi 4 buah, penggelaran UMKM dr seluruh Kota/Kab se Sulsel dan jajaran Perbankan, serta penghargaan kepada Kepala Dusun terbaik.

“Apa yang dilaksanakan hari ini sesuai dengan arahan bapak Kasad, semoga bermanfaat untuk masyarakat dan bisa membantu mewujudkan kesejahteraan dan kekuatan ekonomi daerah,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Maros Chaidir Syam mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasad melalui Pangdam XIV/Hasanuddin yang telah memilih daerahnya sebagai tempat untuk melangsungkan kegiatan panen raya dan bakti sosial, yang mana kegiatan seperti itu baru pertama kali digelar sehingga antusiasme masyarakat sangat luar biasa besar.

Sebelum bubar, acara dilanjutkan dengan makan bersama dengan seluruh masyarakat yang berjumlah kurang lebih sekitar 1500 orang. (*)

 

 

 

 

Laporan : Tim
Penulis   : Budhy