www.jejakhitam.com
Tajam Mengungkap Peristiwa
iklan arya 2

Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal Turut Meriahkan Acara Kirab Budaya Dalam Rangka HUT Sulsel Ke-354

JEJAKHITAM.COM (MAKASSAR) – Dalam rangka memperingati HUT Sulsel ke-354, Pemerintah provinsi menggelar acara Kirab Budaya, bertempat di anjungan pantai losari, Sabtu (21/10/2023) malam.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan kabupaten/kota di Sulsel, termasuk komunitas dan lembaga adat budaya, salah satunya Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal Garuda Hitam.

Dalam acara itu, setiap perwakilan daerah baik itu komunitas ataupun lembaga, menunjukkan ciri khas kebudayaannya masing-masing, mulai dari busana adat, tari-tarian, hingga benda-benda pusaka.

Seperti yang disajikan oleh Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal, yang hadir menggunakan atribut Kiwal lengkap dengan patanro dan beberapa benda pusaka seperti keris, badik, dan juga tombak.

Saat ditemui, Ketua Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal Garuda Hitam Purwanto Sukiyo Dg. Mangemba mengungkapkan, bahwa acara kirab budaya merupakan momen penting bagi para pecinta seni dan budaya.

“Kami dari Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal sangat mengapresiasi kegiatan kirab budaya yang diselenggarakan oleh Pemprov Sulsel. Ini merupakan momentum penting sebagai upaya untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan adat budaya daerah kita yang kini mulai tergerus oleh perkembangan zaman,” ungkap Ketua Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal itu kepada media ini.

Dg. Mangemba menuturkan, bahwa kegiatan semacam ini nantinya akan dijadikan sebagai agenda rutin tahunan yang akan diikuti oleh Divisi Seni Budaya Mabes Kiwal agar semakin dikenal oleh masyarakat Sulsel.

Ia pun berharap, acara kirab budaya semacam ini bisa terus digelar tiap tahunnya sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan khususnya pemerhati budaya.

“Semoga kegiatan semacam ini terus berkelanjutan dan menjadi salah satu program khusus pemerintah, baik itu daerah ataupun provinsi, agar adat istiadat dan seni budaya daerah kita tetap terpelihara dan lestari,” harapnya.

Turut mendampingi, Punggawa divisi seni budaya Mabes Kiwal yakni Radhy, Bayu Insar Killer, Sugiman Dg. Manai, Rusli Dg. Sanja, Humas 2 Sumarlin, anggota A. Haris, Lukman, dan ayah Sambo. (*)

 

Laporan : Ikram
Penulis   : Budhy