www.jejakhitam.com
Tajam Mengungkap Peristiwa
iklan arya 2

Kepala UPPKB Bantah Dugaan Pungli di Penimbangan Pallangga

JEJAKHITAM.COM (GOWA) -Isu adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh petugas UPPKB di Penimbangan kendaraan bermotor Pallangga Kabupaten Gowa, dibantah keras oleh Kepala Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Pallangga, Budiwan.

Budiwan menegaskan, bahwa di wilayah kerjanya tidak ada pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh petugas UPPKB maupun dari petugas TNI dan Polri yang bertugas di Penimbangan Pallangga.

Menurutnya, petugas yang ditempatkan di Penimbangan Pallangga adalah orang pilihan dan mempunyai integritas tinggi sehingga tidak mungkin melakukan pungli.

Selain petugas dari Kementerian Perhubungan, di penimbangan tersebut juga ada petugas TNI dan Polri yang diperbantukan sesuai permintaan Kementerian Perhubungan Darat UPPKB Pallangga.

“Selain petugas dari Kementerian Perhubungan, di sini juga ada petugas dari TNI-Polri yang mendampingi kami dalam bertugas. Tidak benar itu bahwa ada petugas kami baik dari TNI-Polri maupun dari Kementerian Perhubungan yang melakukan pungli,” ucap Budiwan kepada JejakHitam.Com, Kamis (15/04/2021).

Budiwan menegaskan, jika ada pihak yang menemukan oknum anggotanya melakukan pungli di lapangan harap segera mencatat atau merekamnya sebagai bukti oknum tersebut melakukan pelanggaran.

“Jika ada oknum kami yang melakukan pungli maka kami tidak akan segan-segan menindaknya,” tegas Kepala UPPKB.

Pasi Intel Kodim Gowa Kapten Inf. Rudi menjelaskan, keberadaan TNI-Polri di Penimbangan Pallangga merupakan bentuk kerja sama dengan Kementerian Perhubungan UPPKB Pallangga untuk melakukan pendampingan untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

“Kementerian Perhubungan di dalam melaksanakan tupoksinya berjalan lancar. Adapun kegiatan dan mekanisme tugas dan penindakan ada pada UPPKB Pallangga, jika ada kendaraan yang melebihi muatan,” ucap Kapten Inf Rudi.

Kapten Inf. Rudi selaku perwakilan TNI-Polri juga membantah jika ada yang menyebut oknum anggotanya melakukan pungli.

“Kami membantah jika ada yang menyebut anggota kami melakukan pungli. Jika pun ada oknum anggota kami yang terbukti melakukan pelanggaran, maka kami akan menindakinya dengan tegas,” ujar Pasi Intel Kodim Gowa Kapten Inf Rudi. (Thamrin)