www.jejakhitam.com
Tajam Mengungkap Peristiwa
iklan arya 2

Pangdam Hasanuddin Serahkan Puluhan Hewan Qurban Untuk Masyarakat Kota Makassar

JEJAKHITAM.COM (MAKASSAR) – Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1443 H Tahun 2022, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., menyerahkan puluhan hewan qurban untuk masyarakat di beberapa tempat di Kota Makassar, pada Sabtu (09/07/2022).

Penyerahan hewan qurban tersebut dilakukan dibeberapa lokasi diantaranya di Asrama Mattoangin, Asrama Baji Gau, kampung Lepping, Asrama Lompobattang, Aspom Kalimantan, dan terakhir di Baddoka.

Dalam keterangannya Pangdam XIV/Hasanuddin mengatakan, bahwa penyerahan hewan qurban ini sebagai bentuk wujud kepedulian TNI khususnya di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

“Ini merupakan bentuk kepedulian TNI khususnya di wilayah Kodam Hasanuddin. Saya yakin di hari raya Idul Adha banyak masyarakat yang ingin merasakan pembagian daging sapi maka hari ini saya datang khususnya di Lepping, ada 40 ekor sapi yang kita bagikan ke masyarakat. Tadi pagi juga sudah saya bagikan di beberapa tempat, kemudian sore ini di sini,” ucap Cucu Raja Bone ke-32 ini.

“Mudah-mudahan masyarakat merasa senang, bahagia, dan hubungan silaturahim antara Kodam dengan masyarakat di sekitarnya tetap berjalan baik dan harmonis. Insya Allah hari raya Idul Adha yang di rencanakan besok berjalan lancar, tertib dan aman,” harapnya.

“Saya berharap agar masyarakat bisa merasakan Idul Adha dengan senang dan bahagia, jadi kita harus membagikan sesuatu. Sebagai Pangdam saya melihat ini, saya langsung turun ke lapangan bersama Kabintal untuk membagikan sapi. Harapan saya semua bahagia dan senang, kita jadikan momentum Idul Adha ini sebagai kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mudah-mudahan negara kita ini, aman, tertib karena bangsa kita ini bangsa yang berdaulat dan beradat,” tuturnya.

Pangdam pun menghimbau dan mengajak warga Kota Makassar untuk berbondong-bondong melaksanakan Sholat Idul Adha di lapangan Hasanuddin karena pihaknya telah menyiapkan pelaksanaan Sholat Idul Adha di lapangan tersebut.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah Kota Makassar untuk datang bersama-sama ke lapangan Hasanuddin melaksanakan shalat Idul Adha bersama, karena kita sudah menyiapkan sarana atau tempat Sholat Ied di lapangan Hasanuddin,” pungkasnya lagi.

“Masyarakat yang ada di sekitar Sungai Tangka dan lapangan Hasanuddin untuk berbondong-bondong datang, dan kita bersama-sama sholat Idul Adha, Mudah-mudahan Sholat Idul Adha menjadi momentum untuk menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan, terutama antar umat,” tambahnya.

“Kita tidak membeda-bedakan ada yang duluan melaksanakan Sholat Ied, yang duluan tidak apa-apa, belakangan juga tidak masalah, kan namanya kita juga toleran dalam menjalankan menurut keyakinan kita, ada yang melaksanakan tadi atau besok mungkin, yang penting kita sama-sama yakin bahwa Allah SWT itu ada dan rasul kita Nabi Muhammad SAW,” tutupnya.

Selain hewan qurban yang diserahkan oleh Pangdam, jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang berada di wilayah Makassar juga melakukan pemotongan yang akan dilakukan secara bersama-sama usai pelaksanaan sholat Ied di Markas masing-masing.

Pemotongan tersebut akan dilakukan di Makodam XIV/Hasanuddin Jalan Urip Sumoharjo dengan jumlah sebanyak 13  ekor sapi dan 3 ekor kambing. 16 ekor tersebut akan didistribusikan di dalam Makodam dan kepada masyarakat serta di Asrama TNI.

Selanjutnya Batalyon Kavaleri (Yonkav) 10/Mendagiri melaksanakan pemotongam hewan qurban di Batalyon sebanyak 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Sedangkan di Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 700/WYC sebanyak 6 ekor sapi dan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG sebanyak 9 ekor sapi.

Sementara untuk satuan Bekangdam sebanyak 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hubdam sebanyak 3 ekor sapi dan Paldam sebanyak 5 ekor sapi, serta Zidam XIV/Hasanuddin sebanyak 2 ekor sapi.

Kodim 1408/Makassar beserta Koramil jajarannya  sebanyak 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Sedangkan Denmadam XIV/Hasanuddin melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi. (*)

Penulis : Budhy